Minggu, 20 April 2014

Tepat Menyusun Daftar Belanja Bulanan

Dalam mengatur keuangan, berapa pun tak akan terasa cukup karena selalu saja ada sesuatu yang perlu dibeli. Nah, membuat daftar belanja bulanan menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini. Namun bagaimana caranya menyusun daftar belanja yang tepat? Berikut tips dan triknya.
Catat semua perkiraan pengeluaran
Untuk langkah awal, hal paling penting yang perlu Anda lakukan adalah mencatat semua perkiraan pengeluaran untuk satu bulan ke depan. Mulailah dari kebutuhan yang menjadi prioritas paling utama sampai pada kebutuhan yang sekiranya tak terlalu mendesak.
Misalnya saja, bila Anda biasanya membayar rekening listrik sebesar Rp. 100.000,00 maka catatlah dengan baik pada agenda khusus atau buku keuangan yang telah Anda siapkan.
Hitung semua pengeluaran Anda
Langkah berikutnya adalah Anda harus menghitung semua total pengeluaran Anda. Dari sinilah bisa diketahui bila memang total jumlah pengeluaran lebih besar dari total semua pendapatan Anda maka perlu memangkas pos-pos yang sekiranya tak perlu.
Memangkas total pos pengeluaran juga bisa dilakukan dengan survey harga barang yang dijual di supermarket atau toko langganan Anda.
Ingat, tak semua yang menjual dalam partai besar seperti supermarket menjualnya lebih murah daripada toko kelontong di dekat rumah.
Catat semua due date pembayaran
Bila perlu catat semua due date pembayaran rekening air, listrik maupun kartu kredit yang Anda miliki. Biasanya, pembayaran yang melewati due date akan dikenai sangsi yang tentunya menambah pos pengeluaran Anda.
Gunakanlah teknik amplop
Mulai saat ini Anda bisa membiasakan diri untuk membagi uang Anda pada amplop-amplop terpisah dan memberi tulisan pada setiap amplop untuk tiap pos pengeluaran.
Hal ini akan membantu Anda untuk tak tergoda menggunakan uang Anda untuk keperluan lain bila telah jelas uang di dalam amplop tersebut untuk keperluan yang lebih penting.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...