Jumat, 11 Oktober 2013

Mengetahui Kecocokan Shampoo pada Rambut

Anda mungkin sering dibuat pusing dalam merawat mahkota Anda. Ya, merawat rambut memang bukan  hal yang sederhana. Rambut memang butuh perwatan ekstra, dari sekedar keramas hingga treatment massage di salon.
Hal yang paling sederhana untuk merawat rambut adalah keramas. Keramas perlu dilakukan secara teratur untuk menjaga kebersihan rambut. Setidaknya dua hari sekali, Anda harus keramas agar rambut tetap bersih dan segar, serta tidak lepek.
Keramas pun tidak semudah yang dibayangkan. Selain harus memilih shampoo yang tepat bagi rambut Anda, perlu juga memahami cara-cara keramas yang benar. Saat keramas, sebaiknya Anda melakukan pijatan-pijatan ringan apada sekitar kulit kepala. Hal ini penting untuk melancarkan sirkulasi darah disekitar kulit kepala sehingga akan membantu menjaga kesehatan rambut Anda.
Sedangkan untuk memilih shampoo yang tepat bagi rambut Anda, simaklah terlebih dahulu uraian berikut ini.
Pahami problem rambut
Inilah hal pertama yang harus Anda lakukan. Cari tahu masalah rambut Anda sebelum memilih shampoo yang sesuai. Apakah rambut Anda kering, berminyak, rontok, bercabang atau mungkin berketombe.
Setelah mengetahui masalahnya, Anda akan bisa menentukan shampo mana yang akan menjadi solusi bagi masalah rambut Anda tersebut. Usahakan untuk menetapkan satu pilihan dan tidak mencoba-coba produk-produk lain. Kebiasan ganti-ganti merk shampoo dapat berakibat buruk pada rambut Anda.
Sesuaikan gaya rambut
Untuk memilih shampoo, perlu juga memperhatikan tentang gaya rambut. Misalnya, untuk rambut lurus dibutuhkan shampoo yang bisa membuatnya tampak lebih bervolume setelah keramas. Sedangkan untuk rambut keriting, pilih shampoo yang fokus pada masalah rambut kering.
Begitu juga jika rambut Anda diwarnai, pilihlah shampoo yang memang dikhususkan untuk merawat rambut yang diwarnai.
Sesuaikan usia dan jenis kelamin
Menyesuaikan soal usia dan jenis kelamin bisa jadi satu hal penting dalam memilih shampo. Shampoo orang dewasa tentu saja berbeda dengan shampoo anak-anak. Atau shampoo bagi perempuan berbeda dengan shampoo untuk laki-laki. Masing-masing punya kandungan khusus yang harus diperhatikan
Untuk anak biasanya digunakan shampoo dengan formula ringan dan lembut. Pasalnya, rambut anak-anak tentu masih sangat alami sehingga tidak boleh terlalu banyak mendapat kontaminasi bahan kimia. Sedangkan, shampoo bagi laki-laki biasanya memberi perlindungan ekstra anti ketombe. Pasalnya, laki-laki cenderung lebih aktif dan mudah berkeringat, sehingga butuh shampoo yang dapat menyegarkan rambut.
Lindungi rambut
Selesai dengan shampoo, Anda juga tetap perlu untuk melindungi rambut dengan perawatan ekstra. Baik rambut kering, berminyak, maupun berketome, diperlukan perawatan tambahan berupa kondisioner, serum, atau vitamin rambut. Hal tersebut akan mebantu kerja shampo dalam mengatasi masalah-masalah rambut Anda.
Sesekali perlu juga untuk pergi ke salon demi treatment rambut yang lebih lengkap. Jadwalkan secara rutin kapan Anda harus ke salon untuk merawat rambut. Bisa satu atau dua kali dalam sebulan sehingga Anda juga bisa berkonsultasi dengan para pakar rambut yang ada di salon.
Pakar rambut biasanya akan memberikan saran tentang merk shampoo dan perawatan seperti apa yang dibutuhkan rambut Anda.
Yang terpenting jangan mudah tergoda dengan iklan-iklan di televise atau produk-produk yang mahal. Pasalnya, tidak semua produk shampo akan menghasilkan rambut indah layaknya iklan yang ditampilkan.
Tidak jarang, kesalahan dalam menetukan shampoo akan membuat rambut Anda rusak. Apalagi jika Anda harus membayar mahal untuk produk yang Anda gunakan.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...