Selasa, 21 Februari 2012

PAGET disease

PAGET | Kanker Payudara jenis baru!
Penyakit Paget adalah suatu bentuk yang jarang dari kanker payudara, dan ada di luar dari payudara, pada puting susu dan aureole (lingkaran gelap di sekitar puting). Mulai muncul sebagai bintik merah, yang kemudian menjadi luka dengan kerak di tepi luarnya.

Apa Gejalanya ?
1. Suatu kemerahan, pengeluaran cairan, dan pengerasan kulit dari puting susu yang terus menerus yang membuatnya terasa gatal dan terbakar (ada kerak kulit (keras) sepanjang tepi luar pada satu sisi).
2. Bisa juga hanya terlihat pada areola saja dimana terlihat seperti eksim, berwarna merah kasar dan gatal.
3. Nyeri pada putting, kadang di tengah-tengah puting susu terlihat putih dan tebal .
4. Biasanya berpengaruh hanya pada satu putting, tetapi meskipun jarang, Paget bisa ditemukan di kedua payudara
Bagaimana Penyakit Paget didiagnosa?
Apabila dokter curiga terhadap Paget pada puting payudara, biasanya pasien diminta melakukan biopsy, yaitu dokter mengambil sedikit jaringan, kemudian oleh ahli Patology akan menganalisa jaringan tersebut untuk mengetahui apakah ada sel Paget didalamnya. Kadang cairan yang keluar dari putingpun akan diselidiki, apakah juga sudah mengandung sel Paget.Karena pada umumnya pasien dengan penyakit Paget pada puting itu akan berkembang menjadi kanker, maka pemeriksaan lanjutan seperti Mammography digunakan untuk melengkapi diagnosa.
Satu yang terbesar dari penyakit Paget dari puting susu adalah bahwa gejala-gejala yang timbul tidak berbahaya. Itu sering disangka suatu radang atau infeksi kulit,yang sayangnya berakibat keterlambatan dalam deteksi dan perawatan).
Waspada adalah kata yang paling utama untuk penyakit Paget, karena tidak banyak wanita yang tahu bahwa suatu luka atau bintik pada puting susu atau aureole mungkin penyakit Paget.
Berikut contoh payudara yang terkena penyakit paget
paget1 paget3
paget2 paget4

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...