Kamis, 23 Februari 2012

Kenali Penyebab Rambut Rontok

Ada banyak faktor yang mengakibatkan rambut jadi kusam dan rontok. Jika setiap hari rambut mengalami kerontokan dengan jumlah di atas 50 helai sehari, maka Anda patut waspada. Apalagi kalau kerontokan yang terjadi mencapai 100 helai/hari. Ini merupakan tanda awal dari kebotakan. Anda tentu tidak mau sampai botak, bukan?

Sebelum membereskan masalah ini. Anda harus tahu dulu jenis kebotakan dan kerontokan seperti apa yang Anda miliki.

Kebotakan karena Hormon

Kebotakan ini disebabkan oleh hormon androgen atau alopecia androgenic, biasa dialami oleh kaum pria. Tapi jangan senang dulu, karena masalah ini juga bisa terjadi pada wanita terutama dalam masa menopause.

Kebotakan Setempat

Kebotakan ini disebut juga alopecia areata, yaitu kerontokan yang terjadi terutama pada wanita yang tengah hamil, pasca demam tinggi atau pasca operasi.

Penyakit Kronis

Penyakit kronis ini biasanya berupa jamur dan bakteri pada kulit kepala, penanganan rambut yang salah, hingga obat-obatan.

Apabila kerontokan telah mencapai ketiga kondisi di atas, maka penanganannya harus ditangani oleh dokter ahli.

Penggunaan bahan-bahan kimia yang salah malah akan semakin memperparah kondisi rambut. Dan tentunya Anda harus bersabar karena pengobatan itu akan bertahap dan memakan waktu tidak sebentar. Tapi, demi rambut tebal, indah dan berkilau, mengapa tidak? 
 
Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok
Sebenarnya banyak cara mudah dalam mengatasi rambut rontok yang sering kali di alami oleh wanita, namun dikarenakan belum terlalu banyak informasi tentang hal tersebut jadi korban yang mengalami rambut rontok masih saja berkeliaran, oleh sebab itu siapa tahu diantara pembaca setia ada yang ingin mengetahui cara mengatasi rambut rontok dapat segera mengetahui tips-tips mudah tersebut, berikut selengkapnya:

Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok* Apabila kita sedang stress, sangat mungkin rambut menjadi mudah rontok. Jadi, hindari stress yang berlebihan.
* Sekali-kali biarkan rambut kita terkena sinar matahari padi. Karena rambut pun memerlukan vitamin D. Namun hindari sinar matahari di siang hari.
* Saat keramas, bilas dengan perlahan-lahan untuk mengurangi jumlah rambut yang rontok.
* Apabila rambut kita sedang dalam keadaan ruwet atau kusut, sisir perlahan mulai dari ujungnya. Jangan mulai menyisir dari atas, karena justru akan membuatnya semakin parah.
* Konsumsi sayur dan buah karena rambut juga perlu vitamin.
* Apabila perlu gantilah shampo kita dengan shampo khusus untuk rambut rontok.
* Kurangi penggunaan minyak rambut, gel, krim pelembut rambut, dan bahan-bahan lain. Kita perlu memberikan kesempatan pada rambut kita untuk bernapas.
* Apabila kita merokok atau minum minuman beralkohol, sebaiknya dikurangi dahulu. Lebih baik lagi kalau distop.
* Jangan terlalu sering menyisirnya apabila rambut kita tidak sedang kusut atau baik-baik saja.
* Kurangi penggunaan pengering rambut atau hair dryer.
* Penggunaan bahan alami seperti putih telur ayam kampung dan madu juga akan sangat bermanfaat mengatasi rambut rontok. Caranya adalah dioleskan secara merata pada rambut sebelum keramas.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...